Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, membuka kursus kepemiluan dalam upaya meningkatkan angka partisipatif masyarakat terhadap pemilu 2019.

"Tujuan dilakukannya kursus kepemiluan ini adalah untuk menciptakan masyarakat yang peduli pemilu dan dapat menyebarluaskan informasi tentang pemilu kepada masyarakat sehingga angka partisipatif pemilu meningkat di Kota Lhokseumawe," ungkap M. Rizal, Sekretaris KIP Kota Lhokseumawe, Selasa.

Dia mengatakan, sesuai rencana, kegiatan kursus pemilu tersebut akan dilakukan selama 3 hari untuk 3 gelombang. Yakni, pada tanggal 24, 26 dan 27 November mendatang. Serta masing-masing gelombang dibatasi 20 orang.

"Bagi yang berminat dapat mendaftar ke kantor KIP Lhokseumawe pada jam kerja, yang dibuka sejak 10 - 17 November. Dengan ketentuan bukan anggota partai politik, memiliki hak pilih dan bersedia membentuk komunitas peduli pemilu," jelas M. Rizal.

Sementara materi yang diberikan antara lain, informasi tentang pemilu dan juga tahapan pemilu serta kesadaran ikut serta dan berperan aktif didalam menyukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019. Sedangkan para pematerinya berasal dai anggota KIP sendiri serta pihak-pihak yang memiliki kompetensi dibidang pemilu.

Serta bagi peserta yang telah mengikuti kursus pemilu akan diberi sertifikat. Sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris KIP Kota Lhokseumawe itu, bahwa tujuan digelarnya kursus pemilu dimaksud adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pemilu serta diharapkan dapat menyebarluaskan informasi tentang pemilu kepada masyarakat. Sehingga tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilu meningkat.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018