Singkil (Antaranews Aceh) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah(Disperindagkop dan UKM) akan menyerahkan pengelolaan sejumlah pasar kepada swasta atau pihak ketiga sebagai upaya meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. 

"Pengelolaan kios dan lapak pasar-pasar akan kita serahkan ke pihak ketiga sebagai upaya meningkatkan pendapatan," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Malim Dewa di Singkil, baru baru ini.

Didampingi Kabid Perdagangan Syahrul I Aly, dijelaskan  terdapat 19 unit pasar pagi yang tersebar di 11 kecamatan di Aceh Singkil. Harga kios di pasar tersebut selama ini disewakan dengan tarif setiap tahunnya antara Rp1 hingga Rp1,5 juta/unit. 


"Menurut petugas yang kita turunkan ke lapangan, banyak pedagang  yang diminta uang sewa, mereka  tidak mau membayarnya dengan berbagai  alasan,"ujarnya.

Malim Dewa juga menjelaskan pihak pemerintah tidak mungkin mengelola kios atau lapak-lapak di sejumlah pasar itu. Karenanya pengelolaanya kita serahkan ke pihak ketiga, misalnya diserahkan ke  Badan Usaha Milik Desa(BUMDes).

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018