Banda Aceh (Antaranews Aceh) - PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh melakukan penanaman 1.000 pohon di provinsi paling barat tersebut dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap tahun di tanggal 28 November.

"Kegiatan HMPI tahun ini, PLN melakukan penanaman 1.000 pohon. Dan merupakan bagian dari total 22.000 batang dilakukan secara serentak di seluruh unit PLN se-Indonesia," kata General Manager PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi di Banda Aceh, Rabu.

Hal ini diungkapkan Jefri dalam sambutan sebelum menanaman pohon jenis terembesi
di kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, dihadiri Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh Mahdinur, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Sahrial.

Ia mengaku, ke-1.000 pohon yang ditanami tersebut merupakan program penghijauan dilakukan pihaknya, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi semua aspek kelistrikan di Indonesia.

Penanaman seribu pohon ini terdiri berbagai jenis, seperti 360 batang ketapang kencana di antaranya, 260 pokok mangga, 230 batang jambu madu, dan 150 batang terembesi.

"Aksi penanaman pohon ini, sebagai upaya pulihkan lingkungan dengan merehabilitasi kembali hutan atau pepohonan rusak dan lahan kritis," ucap dia di acara yang juga dihadiri Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Aceh diwakili oleh Sukardi, dan mahasiswa Unsyiah.

Ia menyebut, diharapkan kegiatan tersebut dapat menularkan budaya menanam pohon di lingkungan masyarakat, dan pohon setelah ditanam dapat dipelihara secara baik agar bermanfaat demi lingkungan yang sehat.

"Secara keproyekan, dan gerakan menanam secara massal oleh masyarakat luas atau instansi, sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap upaya pemulihan lingkungan," terang Jefri.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menyambut baik aksi dilakukan perusahaan pelat merah tersebut dengan menyampaikan ucapan terimakasih karena telah memberi bantuan 1.000 bibit pohon.

"Melalui bantuan ini, mari kita menggalakkan penghijauan di lingkungan kampus khususnya Unsyiah. Paling penting dapat mewujudkan lingkungan lestari, dan menggugah kesadaran atas tanggung jawab menjaga bumi demi kelangsungan hidup generasi mendatang," tegasnya.

Dalam acara penanaman seribu pohon ini dirangkaikan dengan pembacaan deklarasi "Unsyiah Hijau" oleh seorang mahasiswa Unsyiah Muhammad Ikhsan, dan disertai penandatanganan deklarasi oleh rektor.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018