Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kota Banda Aceh dan Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie diklaim bisa ditempuh dalam waktu satu jam saja pada tahun 2021, saat infrastruktur jalan tol penghubung dua kota tersebut rampung.

Tidak tanggung, pengurangan tersebut sekitar dua jam dari waktu tempuh saat ini sekitar tiga jam.

"Dengan adanya (jalan tol) ini, waktu tempuh Banda Aceh hingga ke Sigli akan berkurang dengan signifikan. Hal ini karena jarak kedua kota semakin pendek," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Banda Aceh, Jumat (14/12).

Saat ini, jarak kedua kota tersebut adalah 111 kilometer dan dengan adanya jalan tol, jarak tersebut bisa diperpendek sekitar 25 persen.

"Dengan adanya tol, jarak bisa dipangkas menjadi 74 Km dan berpengaruh pada waktu tempuh yang sangat mempengaruhi biaya transportasi (transportation cost) baik barang, maupun orang," ujarnya.

Baca juga: Presiden resmikan pembangunan tol Banda Aceh-Sigli

Atas pembangunan jalan tol ini, salah seorang warga Aceh, Isa Ismail (60) sepakat dengan klaim tersebut. Menurutnya, hal itu bisa membuat perekonomian di wilayah Pidie bergerak cepat.

"Saya rasa itu benar, selama ini memang jika itu ditempuh tiga jam, namun dengan ini hanya sekitar satu jam saja, dengan demikian, orang tani dan orang nelayan bisa lebih dekat ke Banda Aceh," ujarnya.

Peletakan batu pertama jalan tol Banda Aceh-Sigli dilaksanakan pada Jumat (14/12) di Blang Bintang, Aceh Besar, oleh Presiden Joko Widodo, sebagai tanda dimulainya pengerjaan konstruksi jalan tol pertama di Aceh tersebut.

Tol Banda Aceh-Sigli ini terbagi ke dalam enam seksi segmen pengerjaan, yaitu seksi Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 Km, seksi Blang Bintang-Kutobaro sepanjang 8 Km, seksi Kutobaro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 Km. Lalu seksi Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 Km, seksi Seulimeum-Jantho sepanjang 6 Km dan seksi Jantho-Indrapuri sepanjang 16 Km.

Baca juga: Pemerintah Aceh yakini pembangunan tol percepat perekonomian

Pengerjaannya proyek senilai Rp12,35 triliun ini, dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap pertama, akan dibangun segmen 4 (Indrapuri-Blang Bintang), segmen 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan segmen 6 (Kuto Baro-Baitussalam) sepanjang 26 Km.

Adapun tahap kedua, akan dikerjakan segmen 1 (Padang Tiji-Seulimeun), segmen 2 (Seulimeun-Jantho) dan Jantho-Indrapuri) sejauh 48 Km.

Baca juga: Pembebasan lahan tol Banda Aceh-Sigli capai 40 Km

Dengan adanya jalan tol ini, diperkirakan waktu tempuh Banda Aceh-Sigli yang selama ini bisa menghabiskan waktu tiga jam, berkurang dengan signifikan hingga hanya memakan waktu sekitar satu jam saja.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018