Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh tersebut tidak merayakan malam tahun baru.

"Kami mengimbau masyarakat tidak merayakan tahun baru masehi dalam bentuk apa pun karena menyalahi ajaran Islam," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Sabtu.

Selain menyalahi ajaran Islam, kata dia, perayaan malam tahun baru juga bertentangan dengan adat istiadat di Aceh yang mayoritas masyarakatnya muslim

Oleh karena itu, Aminullah Usman mengajak masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh menegakkan syariat Islam, sehingga terlaksana dengan kaffah atau menyeluruh.

"Kami tiada henti mengimbau masyarakat agar tidak merayakan tahun baru masehi dalam bentuk apa pun. Aceh memiliki adat istiadat Islam yang kental, dan perayaan tahun baru masehi bukan perayaan tahun baru Islam," ujar dia.

Wali Kota juga melarang masyarakat membakar petasan, kembang api, atau sejenis lainnya, sebab kegiatan tersebut dapat menyebabkan masyarakat lainnya terganggu.

Aminullah Usman menyebutkan, imbauan sudah disebarkan di seluruh gampong atau desa. Pengumuman imbauan tidak merayakan tahun baru basehi menggunakan mobil dengan pengeras suara.

"Kami berharap imbauan ini diindahkan oleh seluruh masyarakat di Kota Banda Aceh. Dan kami juga mengajak masyarakat melaksanakan syariat Islam secara menyeluruh," pungkas Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018