Sabang (Antaranews Aceh) - Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) menyatakan fokus pada pengembangan pelabuhan domestik dan internasional di Sabang, Provinsi Aceh.

"BPKS fokus kembangkan Pelabuhan Balohan Sabang dan yang sudah jadi Pelabuhan CT3 dan CT1," kata Kepala BPKPS Sayid Fadil di Sabang, Jumat.

Selain pengembangan pelabuhan penyeberangan domestik pihaknya juga menargetkan tingkat kunjungan kapal pesiar melalui pelabuhan internasional yakni, CT3 dan CT1 dapat terus meningkat.

Diakui Pelabuhan CT1 dan CT3 sudah sesuai standar internasional, dan bahkan belasan kapal pesiar sudah menyandari ke dua pelabuhan tersebut.

"Hal yang paling spektakuler harus jadi Pelabuhan Balohan karena itu pintu masuk utama wisatawan domestik ke Sabang," ujar Sayid Fadil.

BPKS sedang merevitalisasi Pelabuhan Balohan Sabang dan pembangunannya sudah dimulai sejak, 25 Juni 2018 dengan sumber dana dari APBN sebesar Rp196 miliar.

Pemerintah Pusat melalui APBN pada tahun anggaran 2018 telah mengucurkan dana untuk BPKS sebesar Rp227 miliar dan Rp196 miliar diantaranya dilokasikan untuk revitalisasi Pelabuhan Balohan, Sabang.

"Pelabuhan Balohan harus jadi karena ikon utama bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Sabang," imbuh Kepala BPKS, Sayid Fadil.

Pembangunan pelabuhan penyeberangan domestik Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya direncanakan rampung 100 persen pada tahun 2019.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019