Banda Aceh (Antaranews Aceh) - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) akan melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni untuk keluarga kurang mampu ?di Kabupaten Aceh Timur yang masuk dalam wilayah kerja perusahaan tersebut.

"Program bedah rumah ini merupakan bentuk kepedulian Perusahaan pada masyarakat di sekitar wilayah operasi Medco E&P," kata General Manager Medco E&P Malaka Susanto melalui Field Relation Manager, Dedi Sumara di sela-sela peletakan batu pertama rumah warga di Gampong Blang Nisam, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu.

Ia menjelaskan Program bedah rumah yang dilaksanakan pada 2019 itu merupakan bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat di sekitar wilayah operasi dan dukungan nyata Medco E&P atas berbagai program Pemerintah Aceh Timur yang bertujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Kegiatan ini juga dapat terlaksana berkat komunikasi yang baik antara perusahaan dengan Pemerintah Aceh Timur yang juga memiliki program serupa," katanya.

Ia mengatakan program bedah rumah tersebut akan dilaksanakan untuk rumah yang tidak layak huni di gampong-gampong yang berada di sekitar perusahaan Migas itu beroperasi.

Ada pun gampong yang masuk dalam program tersebut masing-masing Gampong Blang Nisam, Bandar Baro, Jambo Balee Kecamatan Indra Makmu, Gampong Julok Tunong dan Teupin Raya yang berada di Kecamatan Julok, Gampong Alue Siwah Serdang dan Gampong Lhee yang berada di Kecamatan Nurussalam serta Gampong Panton Rayeuk yang berada di Kecamatan Banda Alam.

"Kami berharap masyarakat dapat terus mendukung kegiatan operasi Perusahaan dan juga hubungan dan komunikasi antara Medco E&P Malaka, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, tokoh masyarakat dan warga semakin harmonis," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi, yang dimulai sebelum fasilitas produksi Perusahaan beroperasi.

Ada pun program tersebut diantaranya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah dr Zubir Mahmud, pelatihan pertanian SRI Organik dan peternakan domba bagi petani dan budidaya lebah madu Trigona.

Selanjutnya pelatihan kompetensi guru, seminar pendidikan untuk guru SMP di sekolah sekitar wilayah operasi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, dan rekruitmen dan pelatihan 40 putra/putri terbaik Aceh sebagai operator di Medco E&P Malaka melalui Program Pengembangan Teknisi dan Operator di Pusdiklat Migas Cepu, Jawa Tengah.

Camat Indra Makmu, Edy Syahmulia menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi Medco E&P Malaka yang sudah menyalurkan CSR dalam bentuk program bedah rumah kepada masyarakat di daerah itu.

"Muspika Kecamatan Indra Makmu akan mendukung dan selalu siap bekerjasama dalam setiap program perusahaan guna meningkatkan pendapatan dan menyejahterakan masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019