Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta seluruh masyarakat Kota Subulussalam agar menjadikan Mesjid Agung Subulussalam sebagai pusat pemberdayaan umat. 

"Mesjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah, namun juga harus menjadi tempat pemberdayaan masyarakat, pendidikan serta penyelesaian masalah sosial," Kata Nova Iriansyah di Subululssalam.

Pernyataan itu disampaikan Plt Gubernur Aceh di sela-sela meresmikan Masjid Agung Subulussalam, di Kota Subulussalam.

Ia menjelaskan berdasarkan wahyu Ilahi dalam Alquran, memakmurkan masjid dengan ibadah dan kegiatan sosial menjadi kewajiban semua ummat muslim. 

"Kita dituntut untuk menjadikan mesjid sebagai benteng memperkuat ketaqwaan pada Allah," katanya.

Kemudian, Dalam upaya memakmurkan masjid, semua pihak perlu memperhatikan empat aspek, diantaranya antaranya, aspek pengelolaan keuangan. 

Selanjutnya aspek managemen pengelolaan, dengan mengedepankan transparansi dan memiliki nilai syariah.

"Kita berkewajiban memakmurkan masjid, serta memberikan gagasan untuk pembangunan ummat," katanya.

Sebagai daerah terluar dan berbatasan langsung dengan provinsi lain, Nova meminta masyarakat Subulussalam menguatkan ketaqwaan dan nilai keislaman. 

Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti mengatakan Masjid Agung Subulussalam yang diresmikan itu telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2010. Pada masa kepemimpinan Irwandi Nazar. 

Ia menyampaikan anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan mesjid tersebut berjumlah 60 miliar lebih. Dana itu bersumber dari sumbangan masyarakat Subulussalam, Anggaran Pendapatan Belanja Aceh, serta Doka Kota Subulussalam.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019