Komisi Independen Pemlihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh memastikan proses pelipatan surat suara untuk Pemilihan umum (Pemilu) 2019 segera tuntas dengan tenaga para relawan di daerah setempat.

"Sampai dengan kemarin (Senin) sudah tercapai 70 persen hasil proses pelipatan dan sortir surat suara yang kami lakukan sejak beberapa hari terakhir, insyallah akan selesai tepat waktu," kata ketua KIP Aceh Singkil, Edi Sugianto, di Singkil, Selasa.

Ia menjelaskan, proses pengepakan, sortir dan pelipatan 385.756 surat suara dilakukan selama beberapa hari terakhir, hanya diselesaikan untuk surat suara DPR - RI, DPD dan DPRA untuk 11 kecamatan Aceh Singkil.

Selama dua hari ini, pihaknya optimis akan menyelesaikan pelipatan surat suara untuk DPRK dan surat suara capres - cawapres yang memang sedang berjalan dan baru selesai dikerjakan untuk lima kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Kuala Baru, Singkil Utara dan Singkohor.

"Tinggal  enam kecamatan lagi surat suara caleg DPRK dan capres - cawapres dari 11 kecamatan yang belum selesai, yakni Kecamatan Gunung Meriah, Simpang Kanan, Danau Paris, Suro, Singkohor, dan Kutabaharu," ujarnya.

KIP Aceh Singkil, belum mengiventarisir berapa jumlah surat suara yang kriteria rusak, demikian juga terhadap proses distribusi juga akan mengikuti kalender nasional pelaksanaan Pemilu 2019 yang telah diatur sesuai jadwal oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Surat suara yang rusak pasti adalah, namun belum kita hitung, nanti kalau sudah selesai pelipatan dua hari kedepan, akan kita hitung," tegas, Edi Sugianto, yang merupakan mantan jurnalis radio itu.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019