Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kota Banda Aceh menyerahkan surat suara lebih dan dalam kondisi baik hasil penyortiran dan pelipatan kepada KIP Provinsi Aceh.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, surat suara tersebut diserahkan karena bisa digunakan untuk menutupi kekurangan surat suara di daerah lainnya.

"Surat suara yang kami serahkan ini hanya untuk daerah pemilihan yang sama. Sedangkan surat suara yang tidak satu daerah pemilihan sudah kami musnahkan," kata Indra Milwady.

Adapun surat suara yang diserahkan ke KIP Provinsi Aceh yakni untuk jenis pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 288 lembar.

Kemudian, pemilihan Anggota DPD RI sebanyak 528 lembar, pemilihan DPR RI Daerah Pemilihan Aceh 1 sebanyak 652 lembar, serta pemilihan DPR Aceh Daerah Pemilihan 1 sebanyak 153 lembar.

"Kami menyerahkan surat suara lebih ini karena dibutuhkan daerah lain. Misalnya Aceh Besar, jika ada kurang bisa ditutupi kekurangannya," sebut Indra Milwady.

Ketua KIP Provinsi Aceh Samsul Bahri mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan jajaran KIP kabupaten/kota melakukan pergeseran surat suara lebih guna menutupi kekurangan suara.

"Seperti kekurangan surat suara DPD di Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Tengah,  kekurangannya ditutupi dari surat suara lebih dari Kabupaten Bener Meriah. Begitu juga dengan kabupaten/kota lainnya," kata Samsul Bahri.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019