Sebanyak 13 cabang olahraga dipertandingkan pada Unsyiah Games atau pekan olahraga antar fakultas se Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ke-4 di Darussalam, Banda Aceh, 22 - 26 April 2019.

Panitia pengarah Unsyiah Games IV, Drs Nuzuli MS kepada wartawan usai rapat teknis cabang olahraga di Banda Aceh, Kamis (18/4) sore menjelaskan, ke-13 cabor yang dipertandingkan yaitu atletik, basket, voli, bulutangkis, catur, futsal, karate, kempo, pencak silat, petanque, sepak takraw, tarung derajat dan tenis lapangan.

Sementara cabor tenis lapangan kategori putra dan putri telah dimulai 15 April dan sudah menyelesaikan pertandingannya 16 April yang berlangsung di lapangan tenis BNI Unsyiah.

Untuk cabang futsal, basket, voli dan sepak takraw hanya mempertandingkan kategori putra.

Nuzuli yang didampingi wakil ketua panitia Agussani menyebutkan, Unsyiah Games event tahunan merupakan ajang pembinaan atlet mahasiswa Unsyiah untuk persiapan menuju pekan olahraga mahasiswa daerah (Pomda) Aceh dan pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) 2020 di Papua.

Katanya, pekan olahraga mahasiswa Unsyiah ini juga ajang persiapan Unsyiah sebagai tuan rumah pekan olahraga mahasiswa tiga negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand atau IMT-GT pada 2020.

Kecuali itu, imbuh pakar dan akademisi olahraga ini, pagelaran Unsyiah Games yang dulunya di sebut seleksi olahraga atlet Unsyiah ini untuk menghidupkan kegiatan pembinaan olahraga di kampus guna pencapaian prestasi atlet mahasiswa.

Nuzuli menyebutkan, hidupnya kegiatan olahraga di kampus selama ini, telah memberikan prestasi bagi atlet Unsyiah di Pomnas dan IMT-GT.

Katanya, Unsyiah Games juga telah ikut mendongkrak prestasi Unsyiah di bidang kemahasiswaan (olahraga, seni dan MTQ) yang sebelumnya peringkat 60, menjadi peringkat ke-17 secara nasional.

Direncanakan, Unsyiah Games akan dibuka Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Minggu (21/4) di lapangan sepakbola gelanggang mahasiswa Unsyiah.

Sementara dalam rapat teknis kesiapan pelaksanaan pertandingan semua cabor yang dipimpin wakil ketua panitia, Agussani, memastikan kesiapan tempat, peralatan dan semua cabor siap menggelar pertandingan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Pewarta: Heru Dwi Suryatmojo

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019