Bupati Aceh Barat H Ramli MS sudah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menanggulangi dua titik longsor di jalan lintas Meulaboh-Sigli tepatnya di kilometer 83 Desa Tungkop dan belokan leter Z Gunung Aneuk Manyak, Kecamatan Sungai Mas.

"Saya minta agar secepatnya material longsor agar segera dipindahkan dari badan jalan, kasihan masyarakat tidak bisa beraktivitas," kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS yang menghubungi Antara, Kamis (25/4) sore di Meulaboh.

Ia mengakui dampak dari musibah tersebut menyebabkan arus transportasi antarkabupaten tersebut lumpuh sepanjang Kamis, sehingga masyarakat yang ingin bepergian ke sejumlah wilayah pantai timur utara dan pantai barat selatan Aceh, harus memutar ke Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh.

Baca juga: Longsor juga timbun jalan tikungan Letter Z lintas Meulaboh-Sigli

Agar persoalan serupa tidak lagi terjadi, Ramli MS meminta agar Pemerintah Aceh melakukan penanganan secara serius di ruas jalan yang sering terjadi longsor, mengingat status jalan tersebut adalah jalan provinsi dan kewenangannya ada di pemerintah provinsi.

"Kita berharap jalan lintas Meulaboh-Geumpang-Sigli ini diprioritaskan pembangunannya. Karena sangat banyak titik longsor yang harus secepatnya ditanggulangi," tegas Ramli MS.

Ia meminta masyarakat untuk bersabar dan berharap persoalan tersebut secepatnya dapat teratasi.

Baca juga: Longsor timbun jalan lintas Meulaboh-Sigli, akses transportasi lumpuh total

Seperti diketahui, ruas jalan provinsi di lintasan Meulaboh, Aceh Barat - Siglie, Kabupaten Pidie sepanjang Kamis (25/4) siang lumpuh total setelah longsor timbunan tebing gunung menutupi ruas jalan di dua titik di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Akibatnya, akses transportasi di ruas jalan tersebut belum bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019