Dinas kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyatakan Sabang yang menjadi pintu gerbang di Kawasan ujung paling barat Indonesia itu layak untuk disambagi kapal layar dari berbagai penjuru dunia.

“Alhamdulillah kunjungan kapal layar dan juga kapal pesiar yang datang ke Sabang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan ini merupakan momentum untuk memperkenalkan Sabang untuk disinggahi yachter dari berbagai belahan dunia,” kata Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani di Sabang, Sabtu.

Ia menjelaskan pihaknya bersama dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Badan Pengusahaan Perdagangan Kawasan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) untuk terus membangun komunikasi dan juga mempromosikan Sabang sehingga akan semakin banyak kapal layar dan juga kapal pesiar yang singgah di Pulau tersebut.

Menurut dia, salah satu upaya menarik para yachter dan juga kapal pesiar datang ke Aceh khususnya Sabang adalah dengan menggelar beragam kegiatan strategis diantaranya kegiatan wisata bahari seperti Sabang Marine Festival yang akan 26-30 April 2019 dan freediving.

Pemerintah Aceh memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten/kota guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kita berharap melalu Sabang Marine Festival ini, Aceh ini tidak hanya dikenal dan kunjungi oleh para yachter saja, tapi mereka akan menyampaikan pesan bahwa Aceh layak dikunjungi oleh siapa pun yang ingin berwisata ke Aceh untuk menawarkan berbagai ragam posona wisatanya,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya telah meluncurkan kalender kegiatan sepanjang tahun 2019  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata. Peluncuran kalender kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah Aceh dalam mendukung kemajuan budaya dan pariwisata Aceh.

"Peluncuran kalender kegiatan Aceh 2019” adalah bukti kesungguhan kami mendukung pencapaian Program pemerintah melalui kunjungan 20 juta Wisman ke Indonesia," kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Nova menyebutkan, kalender kegiatan Aceh 2019 dibagi dalam 2 (dua) segmen utama yaitu 10 Top Event Aceh dan 90 Event Unggulan Aceh, dari 10 Top Event Aceh 2019, tiga di antaranya masuk dalam 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia 2019 yaitu Aceh Culinary Fest 2019, Saman Gayo Alas Fest dan Aceh Diving Fest.

"Semua atraksi wisata tersebut kami persembahkan kepada wisatawan melalui semangat branding wisata Aceh The Light of Aceh sebagai co-branding wisata nasional Wonderful Indonesia sebagai kebanggaan kita bersama," kata Nova.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019