Kawanan gajah obrak abrik lahan pertanian dan perkebunan warga di Gampong (desa) Baroh, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu dini hari.

Camat Setia Bakti, AG Suhadi kepada Antara, Rabu, menyampaikan gerombolan gajah itu datang dari Desa Pante Kuyun, menuju pemukiman warga di Gampong Baroh, tengah malam tadi, dan merusak areal persawahan dan perkebunan milik warga setempat. Ujarnya

AG Suhadi menyampaikan, pihaknya masih menunggu data kongkrit dari pihak desa terkait adanya sejumlah kawanan gajah yang mengobrak-abrik tanaman warga.

"Kami masih menunggu informasi terkini. Terakhir, informasi kami terima, masyarakat sudah menghalau gajah, dengan cara manual," tuturnya.

Sementara, Geuchik Gampong (kepala desa) Baroh, Junidar Syahputra mengatakan, gajah yang diperkirakan berjumlah di atas 10 ekor itu turun dari Pante Kuyun, menuju Desa Gampong (desa) Baroh, Rabu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

"Gajah-gajah itu melintas di areal persawahan masyarakat dan perkebunan. Akibat dari lintasan kelompok gajah tersebut, menyebabkan areal kebun dan persawahan warga rusak," ungkap Junidar Syahputra.

Untuk saat ini, kata Junidar, masyarakat sudah menghalau gajah tersebut menjauh dari pemukiman dan perkebunan masyarakat, sedangkan bantuan lainnya, masih menunggu koordinasi selanjutnya.

"Untuk kerugian masih kami lakukan pendataan, belum ada data kongkrit," jelasnya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019