Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengharapkan perbankan membantu dan memberikan dukungan penuh kepada usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dalam mengembangkan usahanya.

"UMKM merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat Kota Banda Aceh. Tanpa dukungan perbankan, sulit bagi UMKM berkembang," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Minggu.

Wali Kota menyebutkan, Banda Aceh merupakan kota jasa dan perdagangan. Karena itu, UMKM menjadi pelaku andalan perekonomian di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Oleh sebab itu, dukungan perbankan maupun lembaga keuangan lainnya sangat dibutuhkan. Terutama dalam meningkatkan modal kerja, sehingga UMKM di Kota Banda Aceh bisa tumbuh dan berkembang.

"Jika UMKM berkembang dengan baik, tentu ekonomi masyarakat meningkatkan. Maka dengan sendirinya angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Banda Aceh bisa berkurang," sebut Aminullah Usman.

Selain mengharapkan dukungan perbankan, Pemerintah Kota Banda Aceh juga membentuk lembaga keuangan PT Mahirah Muamalah Syariah. Perusahaan keuangan tersebut dibentuk sejak 2017.

Wali Kota menyebutkan, kehadiran lembaga keuangan syariah tersebut untuk membantu UMKM, terutama dalam pembiayaan modal usaha. Hingga kini, sudah banyak UMKM yang dibantu lembaga keuangan syariah milik Pemerintah Kota Banda Aceh tersebut.

"Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah yang dilakukan masyarakat. Upaya ini sejalan dengan usaha kami mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Banda Aceh," pungkas Aminullah Usman.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019