Pemerintah Kota (Pemko) Sabang berkomitmen untuk membangun sarana dan prasana pendukung sektor pariwisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisawatan ke daerah tersebut.

"Sarana pendukung wisata yang sedang dan sudah dibangun Pemerintah Kota Sabang adalah jalan akses menuju destinasi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal di Sabang, Rabu.

Menurut dia, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung yang memadai akan memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang berwisata ke Sabang.

Pihaknya juga terus memastikan seluruh sarana prasarana pendukung yang ada di setiap objek wisata di Sabang dapat difungsikan dan digunakan oleh para pelancong yang sedang berlibur.

"Kami juga terus membenahi fasilitas industri pariwisata seperti rumah makan, restoran, dan termasuk fasilitas kesehatan agar para wisatawan nyaman berlibur ke Sabang," jelas Faisal.

Baca juga: Pemko buka pendaftaran duta wisata Sabang

Selain itu, Pemko Sabang juga mengaku akan mengelar even-even budaya untuk menarik minat kunjungan wisatawan dan dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha jasa pariwisata.

"Kita berharap atraksi budaya bisa menarik minat kunjungan wisatawan. Jika kunjungan wisatawan meningkat maka ekonomi masyarakat khususnya pelaku usaha jasa pariwisata pun akan meningkat," kata Kepada Disparbud Kota Sabang.

Wisatawan domestik maupun internasional ketika berlibur ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kerap kali melakukan aktifitas wisata penyelaman (snorkling) di kawasan Pulau Rubiah serta menyelam (diving) di kedalaman 15 hingga 60 meter.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati hamparan pantai pasir putih "Iboih dan Sumur Tiga" yang menghadap langsung ke laut lepas Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Selanjutnya, para wisatawan juga mengunjungi monumen nasional Tugu Kilometer Nol Indonesia serta destinasi wisata heritagge lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang, dan air terjun, Pria Laot.

Baca juga: Pemkot Sabang : Pancasila inspirasi kehidupan berbangsa dan bernegara

 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019