Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan Pameran Gebyar Wisata Budaya Nusantara (GWBN) 2019 di Jakarta menjadi momentum mempromosikan atraksi wisata Aceh yang akan berlangsung sepanjang Juli 2019.

"Kami juga memanfaatkan Pameran GWBN 2019 ini sebagai momentum untuk mempromosikan ragam atraksi wisata yang akan digelar sepanjang bulan Juli 2019 kepada pengunjung stand Aceh," kata Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani dihubungi di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan pada Juli 2019, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi setempat akan  menyelenggarakan sejumlah atraksi budaya masing-masing Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 5-7 Juli 2019), Kemah Wisata (Simeulue, 14-17 Juli 2019) dan Pulo Aceh Bike Cross (Pulo Aceh, 20-21 Juli 2019).

Selanjutnya kegiatan Festival Pulau Banyak (Singkil, 22-27 Juli 2019), Pesona Aceh Selatan (Tapaktuan, 27-28 Juli 2019) dan beberapa kegiatan kecil dan besar lainnya yang akan berlangsung sepanjang tahun 2019.

Ia mengatakan dalam kegiatan pameran yang berlangsung di ibu kota negara tersebut, pihaknya turun membawa Tim Promosi Aceh terdiri dari Duta Wisata Aceh, pelaku industri pariwisata Aceh (Zalyan Travel), IKM Aceh (Tiwi Gadeng) dan Tim Seni Rumoh Budaya berperan aktif dalam mempromosikan Aceh melalui penyebaran ragam informasi wisata Aceh.

Kemudian menawarkan paket wisata Aceh, seperti Paket Wisata Banda Aceh dan Sabang, Paket Wisata Dataran Tinggi Gayo, Paket Wisata Rafting Geumpang, Paket Wisata Wonderful Idul Adha, dll, produk-produk IKM dalam bentuk souvenir, seperti tas Aceh, kain dan kerudung dengan motif Aceh, Kopi Aceh, makanan siap saji, seperti Ikan Keumamah siap saji.

Kepala Seksi Analisa dan Pengembangan Segmen Pasar, Nurlaila Hamjah menambahkan ada tujuh objek wisata yang tersebar di lima  Kabupaten/Kota di Aceh masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

"Alhamdulilah. Tujuh objek wisata Aceh masuk nominasi dari 18 kategori yang diperlombakan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dan Kami berharap selama GWBN 2019 berlangsung akan menjadi momentum tepat untuk melakukan Voting API melalui SMS," katanya.

Ada pun tujuh objek wisata Aceh yang masuk nominasi tersebut maisng-masing Sate Apalah Geurugok (Kabupaten Bireuen - Nominasi makanan tradisional), Manggrove Forest Park (Kota Langsa - Nominasi Ekowisata) dan Kerawang Gayo (Kabupaten Gayo Lues - Nominasi Cindera Mata).

Selanjutnya Rabbani Wahed (Kabupaten Bireuen - Nominasi Atraksi Budaya), Kilometer Nol (Kota Sabang - Nominasi Destinasi Unik), Tensaran Bidin (Kabupaten Bener Meriah - Nominasi Surga Tersembunya) dan (Sabang Marine - Nominasi Festival Pariwisata).
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019