Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh Andi Purwadi mengatakan aplikasi otentikasi Taspen yang tersedia di telepon pintar (smartphone) akan membawa kemudahan bagi para peserta pensiunan dalam pengambilan gaji pensiun. 

"Intinya aplikasi ini mempermudah (pensiunan). Memang dalam perubahan ini tidak semudah membalikkan tangan, tentu ada prosesnya," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam otentikasi pertama harus melakukan enrollment atau pendataan ulang bagi para peserta pensiunan. Dengan cara perekaman biometrik wajah, suara, dan sidik jari. 

Maka setelah melakukan pendataan ulang ke dalam bentuk digitalisasi tersebut, setiap orang akan dimudahkan pada saat pembayaran atau pencairan gaji pensiun dari mitra bayar.

Setelah enrollment dan otentikasi maka setiap pensiunan bisa mengambil gaji pensiunannya melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dimana saja yang tersedia, tanpa harus mengantre di seperti sebelumnya.
 
Petugas PT. Taspen (persero) cabang Banda Aceh memperlihatkan aplikasi otentikasi melalui telepon gengam (android) di Banda Aceh, Selasa (2/7/2019). Aplikasi otentikasi merupakan inovasi pelayanan berbasis digital dari PT. Taspen untuk pendataan ulang para pensiunan dan mempermudah pembayaran dana pensiun melalui mitra bayar. (Antara Aceh/Khalis)

"Nantinya orang (pensiunan) otentikasi itu bisa sambil tiduran, sambil duduk manis, tidak perlu harus ke mitra bayar jauh-jauh. Arah ke depan itu kita melakukan digitalisasi pembayaran pensiunan melalui smartcard. Nantinya bisa digunakan dimana saja, bisa ATM meskipun orang berada di luar domisilinya," kata Andi.

Andi menyebutkan otentikasi itu difokuskan kepada manfaat untuk para pensiunan. Perubahan sistem ini ke dalam digitalisasi ini melibatkan Taspen, Telkom, dan mitra bayar.

Kata Andi, masyarakat Aceh pada umumnya memberi respon yang sangat bagus atas kehadiran Taspen Otentikasi tersebut. Karena pada intinya perubahan ini mempermudah para pensiunan dalam mengambil gaji pensiun tanpa mengantre.

"Seseorang bisa klik otentikasi di rumah saja menggunakan smartphone yang sudah diinstal, langsung bisa mengambil gajinya dimana saja menggunakan ATM. Dulu otentikasinya harus dua yaitu suara dan sidik jari, tapi sekarang cukup satu dengan wajah saja," ungkapnya.
 

Pewarta: Khalis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019