Tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tampil sebagai juara umum pameran Expo Ternak 2019 ke-10 tingkat Provinsi Aceh, yang berakhir Minggu (14/7).

Penyerahan piala juara umum Expo Ternak 2019 tersebut dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh Nova iriansyah kepada Bupati Abdya Akmal Ibrahim di lokasi pameran di lapangan Pulau Kayu, Susoh, Abdya.  

Gubernur Nova Iriansyah kelihatan tidak heran jika Kabupaten Abdya selaku tuan rumah keluar sebagai juara umum Expo Ternak, karena kepala daerahnya saja peternak sapi dan kambing.

"Sapi juara itu gemuk sekali, hampir tidak bisa berjalan lagi, pemiliknya Pak Akmal Ibrahim. Lembunya segera saja disebelih pak, nanti dagingnya dibagi-bagi saja ke provinsi," canda Nova diawal sambutannya.

Baca juga: Wabup Abdya sambut peserta Expo Ternak dari 23 kabupaten/kota

Nova berkata, Abdya di bawah kepemimpinan Bupati Akmal dan Muslizar selama ini sudah banyak sekali menampilkan inovasinya, baik pada sektor pertanian maupun sektor peternakan.

Seperti ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB), kata Gubernur, ayam tersebut belum ada dipelihara di kabupaten lain, namun sudah tersedia di Abdya dan semua itu berkat kerja keras kepala daerah.

"Tadi saya dibisikan oleh Pak Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, katanya ayam KUB itu belum ada di kabupaten lain. Adanya baru di Kabupaten Abdya sebagai kerja keras Pak Akmal Ibrahim," ungkapnya.

Baca juga: Ikut Expo Ternak, ratusan sapi dari berbagai daerah sudah tiba di Abdya

"Jadi, sekali lagi saya memberikan apresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh Bupati Akmal Ibrahim di kabupaten ini. Banyak sekali prestasi yang diraih oleh daerah ini," tambahnya lagi.  

Oleh karena itu, Gubernur Aceh berharap, agar Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan agar terus mendorong Provinsi Aceh terutama Kabupaten Abdya terhadap pengembangan sektor peternakan ini ke depan.

"Saya berharap pihak Kementerian Pertanian agar lebih banyak lagi perhatiannya ke Aceh terutama Abdya, karena kami tidak berhenti di satu titik.  Riset, pengembangan, stimulasi, dan ujicoba terus kami lakukan sampai hasil karya itu bisa dinikmati petani dan peternak," ujarnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019