Pegawai di lingkungan Universitas Syiah Kuala sebanyak 30 orang mengikuti pendidikan dan pelatihan wawasan kebangsaan di Rindam Iskandar Muda (IM) dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam menjalankan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Diklat ini juga bagian membentuk pegawai Unsyiah menjadi sosok yang tangguh di tengah kondisi sosial dengan berbagai permasalahan yang begitu kompleks," kata Wakil Rektor II Unsyiah Dr Agussabti di Rindam IM, Mata Ie, Aceh Besar, Senin.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Komandan Rindam IM Kolonel Infantri Dwi Endrosasongko, ia mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama sepuluh hari dengan mengikuti 96 jam pengajaran baik dilakukan dalam dan luar ruangan.

Baca juga: Kodim 0103 sosialisasi wawasan kebangsaan

"Peserta diklat ini merupakan orang terpilih dari 108 pegawai Unsyiah yang telah mengikuti pelatihan kepemimpinan selama tiga bulan. Mereka adalah tenaga pendidikan yang berasal dari berbagai bidang pekerjaan di lingkungan Unsyiah," katanya.

Menurut dia para peserta tersebut merupakan orang-orang yang akan menduduki beberapa posisi jabatan di Unsyiah, karena telah melewati proses seleksi kompetensi terlebih dahulu untuk menjadi calon pemimpin Unsyiah di masa mendatang.

Baca juga: Mahasiswa UTU dibekali wawasan kebangsaan

Menurut dia dengan semakin kuatnya pemahaman tentang kebangsaan, maka akan dapat menumbuhkan semangat ASN Unsyiah untuk menghindari dan memerangi hal-hal negatif seperti penyalahgunaan wewenang dan jabatan, narkoba serta terhindar dari paham radikalisme, komunisme dan sebagainya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019