Meulaboh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 250 mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dibekali wawasan kebangsaan oleh Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Moch Wahyudi di kampus itu, Minggu.

"Indonesia menjalani krisis dimensional yang mengancam integritas bangsa dan negara. Pudarnya rasa nasionalisme ini akibat pemahaman dan kepedulian masyarakat kita akan wawasan kebangsaan semakin minim," katanya.

Dalam materinya Dandim Wahyudi menguraikan, wawasan kebangsaan memiliki peran yang vital untuk mewujudkan keutuhan bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain memberikan materi wawasan kebangsaan, Dandim 0116, Korem 012 Teuku Umar itu juga menyampaikan materi bahaya penyalahgunaan narkoba, karena narkoba dapat menghancurkan sebuah negara melalui perusakan generasi.

"Narkoba dijadikan sebagai sarana penghancuran sebuah negara melalui generasi muda. Generasi muda yang masih labil dan memiliki rasa keingintahuan yang besar menjadi sasaran empuk oleh pengedar Narkoba," tegasnya.

Lebih lanjut Dandim Letkol Kav Moch Wahyudi menyampaikan, ancaman untuk bangsa Indonesia dengan pelemahan generasi muda melalui narkoba, menjadi agenda besar kekuatan asing untuk melemahkan bangsa Indonesia.

Pemberian materi tentang wawasan kebangsaan mahasiswa baru Universitas Teuku Umar di Fakultas Ekonomi-UTU dengan peserta atau mahasiswa/i baru lebih kurang 250 orang, materi yang disampaikan meliputi NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan Narkoba.

Hadir pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Teuku Umar Prof Dr Jasman J Ma'ruf, SE.,MBA, Wakil Rektor III Dr T Ahmad Yani, SH.,M.Hum, Biro Akademik Burhanuddin, Pasiter Korem 012/TU, perwakilan civitas akademika UTU dan BEM.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017