Harga daging sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hinjriah di Banda Aceh masih bertahan Rp130 ribu/Kg, karena antara permintaan dan persediaan masih berimbang.

"Harga daging sapi masih Rp130 ribu belum ada kenaikan yang signifikan," ujar Zakaria, saat ditemui di pasar daging tradisional Peunayong, Banda Aceh, Selasa (30/7).

Ia mengatakan, biasanya harga daging mulai mengalami kenaikan tiga atau dua hari menjelang "meugang" (hari motong) Idul Adha, karena harga sapi atau kerbau juga naik hingga 50 persen per ekor.

"Harga sapi pada hari biasa Rp20 juta per ekornya, tapi menjelang Hari Raya Idul Adha bisa naik mencapai Rp32 juta, karena permintaan meningkat, selain untuk meugang juga untuk hewan kurban," katanya.

Baca juga: Hasil tangkapan ikan melimpah, Aceh masih butuh cold storage ikan

Selain itu juga faktor naiknya daging sapi disebabkan mahalnya biaya operasional yang juga meningkat menjelang meugang, katanya.

Sementara itu, untuk harga ayam potong juga masih stabil, yakni Rp25 ribu/Kg.

Jainun, pedagang di pasar tradisional Peunayong mengatakan, harga daging ayam potong saat ini masih standar belum ada kenaikan. Harga perekor dijual Rp50 ribu atau Rp25 ribu/Kg.

Ia mengatakan biasanya menjelang meugang ayam potong juga mengalami kenaikkan, karena permintaan meningkat, sementara pasokan stabil.

Pewarta: Indra Wijaya

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019