Luas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Meureubo, Bubon dan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat hingga Rabu (31/7) malam mencapai 14 hektare.

Data yang diperoleh ANTARA dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat menyebutkan, ada pun sebaran lokasi kebakaran lahan tersebut masing-masing di Kecamatan Meureubo seluas 0,5 hektare, Bubon seluas 11,5 hektare, serta Kecamatan Johan Pahlawan seluas 2 hektare.

"Hingga Rabu petang petugas masih terus melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran lahan," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Dr Mukhtaruddin diwakili Koordinator Pusdalops, Mashuri kepada ANTARA, di Meulaboh.

Baca juga: BNPB: Luas kebakaran hutan dan lahan capai 30.477 hektare

Menurutnya, lokasi terparah terjadinya kebakaran lahan tersebut berada di Kecamatan Bubon, dengan sebaran lokasi kebakaran lahan sangat luas sehingga pemadaman hanya bisa dilakukan sekitar 35 persen dari total luas lahan yang terbakar mencapai 111,5 hektare.

Sedangkan lokasi kebakaran lahan di ruas Jalan Generasi, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, sudah bisa dipadamkan sekitar 80 persen dari total luas lahan yang terbakar sekitar dua hektare.

"Untuk kebakaran lahan di Kecamatan Meureubo di lahan seluas 0,5 hektare sudah berhasil dipadamkan," kata Mashuri menambahkan.

Mashuri mengakui upaya pemadaman api yang dilakukan BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah IV Aceh, dan masyarakat masih terkendala luas lahan yang terbakar, sehingga membutuhkan waktu untuk bisa melakukan pemadaman secara keseluruhan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019