Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya  melakukan penundaan penyaluran beasiswa bagi mahasiswa setempat yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Aceh, karena belum dilakukan verifikasi berkas permohonan yang diajukan oleh mahasiswa.

"Penyaluran beasiswa tersebut terpaksa harus dilakukan penundaan, karena ada beberapa hal yang harus dilalui seperti verifikasi data terlebih dahulu oleh pihak terkait," ujar Kepala BKPSDM Aceh Jaya Yasmahijar, Senin (5/8).

Yasmahijar menyampaikan data yang masuk dari mahasiswa lebih dari 900 permohonan yang diajukan mahasiswa, sedangkan Pemkab Aceh Jaya pada tahun 2019 ini hanya mengalokasikan 500 penerima.

Baca juga: Mahasiswa Aceh Jaya pertanyakan kejelasan beasiswa

"Mengingat proposal yang masuk begitu banyak serta untuk menghindari terjadi kesalahan/tidak tepat sasaran dalam penyaluran beasiswa tersebut maka perlu dilakukan duduk bersama dengan berbagai instansi terkait, sehingga memperoleh data yang akurat serta penyaluran yang tepat bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan tersebut," jelasnya.

Yasmahijar berharap kepada seluruh mahasiswa untuk bersabar, mengingat SDM yang dimiliki sangat terbatas, sehingga pihaknya harus hati-hati dalam mengambil keputusan dan tidak salah sasaran nanti.

Baca juga: Aceh Barat salurkan beasiswa Rp1 miliar untuk 1.000 santri

Yasmahijar menuturkan pihaknya juga sudah pernah memberitahukan kepada Ketua Ipelmaja Banda aceh dan Meulaboh bahwasanya penyaluran beasiswa tahun ini tidak sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan sebelumnya.

"Adek-adek mahasiswa jangan khawatir, kami dari panitia akan kerja maksimal meskipun SDM terbatas kami usahakan dalam waktu dekat beasiswa tersebut segera dapat disalurkan kepada penerima mahasiswa Aceh Jaya,” tutupnya

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019