Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr Ir Alfiansyah Yulianur Bc membuka secara resmi event catur international berlebel "Unsyiah International Chess Championship" di Gelanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (6/8).

Alfiansyah mengatakan, dalam tidak hanya ajang mengukur kemampuan para pecatur dan meraih prestasi akan lebih dari itu untuk menjalin persahabatan.

Sebutnya, catur merupakan olahraga intelektual, sehingga sangat baik diadakan pertandingan atau event catur mahasiswa. Dari event ini  para pecatur dapat berusaha meraih prestasi.

Baca juga: Even catur international motivasi bagi tuan rumah Unsyiah

Olahraga catur juga mampu memberi inspirasi, sehingga olahraga memiliki manfaat bagi pengembangan dan intelektual mahasiswa.

Ia berharap kegiatan event catur international berjalan lancar dan sukses. Selamat bertanding kepada para pecatur dalam event ini.

Sementara itu Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cabang catur Unsyiah, Ahlun event catur ini mempertandingkan  kategori dan nomor yaitu kategori tim, individu nomor bughouse chess, rapid (catur cepat) dan blitz (catur kilat) putra - putri.

Baca juga: Tim Catur Malaysia siap bertanding di event Catur International Unsyiah

Sebutnya event catur ini akan berlangsung dua hari, 6 - 7 Agustus 2019. Melalui event ini dapat mencapai prestasi dan menjalin persahabatan.

Disebutkan, sebanyak 24 pecatur putra dari International Islamic University Malaysi (IIUM) dan Unsyiah mengikuti semua nomor yang dipertandingkan dalam event ini.

Baca juga: Event catur international digelar di Unsyiah

Sementara pertandingan pertama di hari pertama digelar pertandingan tim nomor catur cepat 25 menit selama lima babak.

Saat berita ini diturun, sudah selesai dimainkan dua babak kategori tim catur cepat. Tim Unsyiah sementara unggul atas Malaysia dengan point skor 9,5 - 2,5.

Pewarta: Heru

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019