Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh melalui Baitul Mal menyalurkan bantuan uang tunai untuk biaya operasional 243 masjid dan mushala di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, bantuan uang tunai tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kota terhadap operasional masjid dan mushala

"Jumlah masjid yang mendapat bantuan sebanyak 102 unit dengan nilai Rp5 juta per masjid. Sedangkan mushala sebanyak 141 unit dengan nilai Rp3 juta. Total bantuan masjid dan musala mencapai Rp933 juta," rincinya.

Baca juga: Peringati Milad Ke-9, BNI Syariah salurkan bantuan di Banda Aceh

Selain bantuan operasional masjid dan mushala, Pemkot Banda Aceh juga menyalurkan beasiswa kepada 4 tahfiz atau mereka yang mampu menghafal Al Quran untuk belajar di Thailand dan Malaysia.

"Kami berharap bantuan tersebut digunakan sesuai kebutuhan, baik untuk operasional masjid dan mushala, maupun bantuan belajar belasan tahfiz ke luar negeri," sebutnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Arie Maula menyebutkan, beasiswa tahfiz diberikan Rp1,2 juta kepada masing-masing penerima.

Baca juga: Wali Kota Banda Aceh serahkan tiga becak motor operasional masjid

"Selain tahfiz, kami juga menyalurkan bantuan pelatihan kepada pemuda kurang mampu, zakat fakir uzur, serta beasiswa untuk pelajar sekolah menengah pertama dan sederajat," lanjutnya.

Untuk zakat fakir uzur yang disalurkan tersebut merupakan, diberikan kepada 584 penerima dengan nilai Rp400 ribu per orang atau jumlah keseluruhannya mencapai Rp700,8 juta.

"Sedangkan beasiswa penuh diberikan kepada 196 penerima sebesar Rp900 ribu dengan total Rp176,4 juta. Kami berharap dengan beasiswa ini bisa membantu biaya pendidikan anak kurang mampu," terangnya.

Baca juga: 140 warga miskin Aceh dapat bantuan UEP

Arie Maula menyebutkan, Baitul Mal Kota Banda Aceh telah menyalurkan bantuan sekitar Rp2 miliar. Bantuan tersebut merupakan zakat dan sedekah masyarakat serta instansi pemerintah maupun swasta.

"Kami mengimbau masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta menyalurkan zakat dan sedekahnya ke Baitul Mal, sehingga semakin banyak masyarakat kurang mampu yang bisa dibantu," tambahnya.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019