Rombongan tim persiapan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Industri Terpadu (KIT) wilayah barat-selatan Aceh meninjau Teluk Surin di Kabupaten Aceh Barat Daya, Kamis.

Tim yang beranggota sekitar 10 orang itu meninjau Teluk Surin di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, karena Kabupaten Abdya sebelumnya telah ditetapkan oleh Plt Gubernur Aceh sebagai calon KEK/KIT barat-selatan.

Sebelum meninjau lokasi Teluk Surin, tim yang dipimpin oleh Kabig Pengembangan Industri Agro dan Manufaktur Disperindag Aceh, M. Surya Putra, terlebih dahulu mendengarkan paparan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim tentang kesiapan daerahnya menjadi pusat KEK barat-selatan.

Baca juga: Gubernur pastikan Abdya dan Aceh Jaya calon KEK barat-selatan

Acara pertemuan singkat yang berlangsung di Masjid Pemkab Abdya turut dihadiri oleh Pengusaha Aceh Nurchalis, Wakil Bupati Muslizar, unsur Forkompimkab, Setdakab, Ketua Kadin Abdya, dan para Kepala SKPK Abdya.

Usai pertemuan singkat, tim yang dibentuk oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama dengan Bupati Akmal dan semua unsur yang hadir dalam acara tersebut bergerak menuju lokasi Teluk Surin di Desa Lama Tuha.

Jarak Teluk Surin dari Blangpidie (ibukota Abdya) melalui jalur Susoh hanya sekitar 20 kilometer. Berhubung jembatan Krueng Teukuh belum terbangun, maka rombongan bergerak dari Blangpidie- Ie Mirah, Babahrot, dan Surin.

Baca juga: Empat kabupaten ini berpotensi jadi pusat KEK barat-selatan Aceh

"Kami dari tim provinsi sangat antusias dengan kondisi Teluk Surin yang kita lihat hari ini ditambah lagi dengan lahan yang sangat luas, dan lokasi yang cukup mendukung ditambah lagi jalan lebar 30 meter," kata Surya Putra.

Surya Putra selaku sekretariat mewakili ketua tim persiapan pembentukan KEK dan KIT wilayah barat-selatan menambahkan bahwa lokasi Teluk Surin bukan saja cocok untuk KEK dan KIT, tetapi juga sangat cocok sebagai tempat wisata.

"Hari ini kami melihat kesiapan Abdya sebagai calon KEK/KIT barat-selatan. Ternyata di sini memiliki potensi yang sangat besar hanya saja selama ini tidak tergarap secara optimal," kata anggota tim lainnya, Zulkifli Hamid Paloh.

Baca juga: Strategis, Pospera Abdya dukung Abdya jadi KEK barat selatan Aceh

Zulkifli yang juga Kasi Deregulasi Penanaman Modal Aceh pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, memberikan apresiasi terhadap kesiapan Abdya dalam pembentukan KEK-KIT barat selatan.  

"Ini bukan untuk Abdya sendiri, tapi bagaimana integrasi ekonomi barat-selatan ini terjadi, maka pemerintah berupaya menumbuhkan pusat ekonomi baru bidang industri, jadi di sini sangat trategis untuk itu," ujarnya.
 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019