Salah seorang pengusaha Aceh, Nurchalis, dirinya mengaku optimis kalau Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan menjadi pusat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) barat-selatan Aceh.  

"Saya melihat dari sisi geografis artinya memenuhi syarat dari sebuah ketentuan perundang-undangan," kata Ketua Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Provinsi Aceh itu saat di wawancara Antara di Blangpidie, Kamis.

Ketua ISMI Aceh datang ke Kabupaten Abdya dalam rangka ikut meninjau Teluk Surin di Kecamatan Kuala Batee bersama dengan rombongan tim persiapan pembentukan KEK dan Kawasan Industri Terpadu (KIT) barat-selatan.

Baca juga: Bupati Akmal minta Tim penilai KEK objektif demi Aceh

"Sebelumnya adanya wacana KEK barat-selatan, kami sudah lebih duluan menanam investasi yang kira-kira investasi ini mungkin masih banyak diragukan oleh para investor lainnya," katanya menambahkan.

"Tapi kami memiliki haqqu yakin, dengan kewilayahannya yang strategis berada di tengah-tengah delapan kabupaten/kota, kemudian terintegrasi yang sangat dekat dengan sejumlah negara di Asia Selatan," tuturnya.

Oleh karena itulah, Nurchalis mengaku dirinya merasa optimis kalau Kabupaten Abdya akan menjadi pusat KEK-KIT ke depan dan kawasan barat-selatan diperkirakan akan menjadi harapan semua investor pada masa akan datang.

Baca juga: Tim penilai KEK tinjau Teluk Surin Abdya
 
"Kita terus berupa membentuk pabrik yang menggunakan bahan baku kelapa dan kelapa sawit. Karena Eropa lebih dominan ke minyak kelapa. Sementara India dan Pakistan dan negara-negara lain cukup dengan sawit," ujarnya.

Menurutnya cukup banyak potensi sumber daya alam di barat-selatan Aceh yang bisa diekspor ke manca negara, terutama dari hasil pertanian maupun dari sektor perkebunan, seperti sawit, kelapa, pinang, kopi dan komoditas lainnya.

"Target kita sekarang pertama memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat  terhadap pembentukan KEK dan KIT barat-selatan ini menjadi yang utama agar terbuka sebuah kran investasi perdagangan internasional di kawasan barat-selatan Aceh ini," katanya menambahkan.

Baca juga: Strategis, Pospera Abdya dukung Abdya jadi KEK barat selatan Aceh

"Ini yang menjadi cita-cita kita, makanya kami all out banget hari ini bersama teman-teman, kami juga mohon dukungan media agar barat-selatan ini kita jadikan sebuah pertumbuhan ekonomi baru, sehingga cita-cita bapak Presiden Jokowi terhadap target ekspor akan menjadi meningkat," harapnya.

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019