Satu unit rumah panggung berkonstruksi kayu di Gampong (desa) Munasah Leubok AB, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, ludes terbakar, Rabu (21/8) siang.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Lhoksukon Iptu Yussyah Riandi, di Aceh Utara Rabu mengatakan, rumah beserta isinya rata dengan tanah, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Rumah tersebut milik Hasanuddin Ibrahim (41), warga Mns Leubok AB, Kecamatan Lhoksukon, waktu kejadian kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB," kata Kapolsek Lhoksukon.

Baca juga: Rumah konstruksi kayu dihuni nenek di Aceh Utara ini ludes terbakar

Dijelaskan, kejadian ini berawal saat Hasanuddin pergi ke kawasan Kecamatan Payabakong, Aceh Utara untuk bekerja sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara istrinya, Raliah bersama anaknya berada di rumah tersebut.

Kemudian sekitar pukul 10.30 WIB, istri korban mendapat kabar dari pengumuman yang disampaikan di meunasah (surau) bahwa ada salah satu warga setempat meninggal dunia.

Mendapat kabar itu, korban langsung melayat ke rumah duka bersama tetangga lainnya dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Baca juga: 12 unit rumah di Aceh Selatan terbakar

Namun sekira pukul 11.45 WIB, ada seorang saksi yang melintas di depan rumah korban, lalu melihat ada kepulan asap tebal di bagian samping rumah sebelah kanan, sehingga dia langsung memberitahukan kejadian itu kepada saksi lainnya.

Tidak lama kemudian sejumlah masyarakat berbondong-bondong ke lokasi guna membantu memadamkan api, namun upaya itu kalah cepat, sehingga rumah dan isinya ludes dalam kebakaran itu.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian korban ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Kasus ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang, sehingga belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran.

Baca juga: Rumah pimpinan dayah di Aceh Besar terbakar

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah membenarkan insiden itu dan kejadian ini sudah dilaporkan ke Bupati Aceh Utara dan pihak terkait lainnya

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019