Sebanyak 4.568 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti orientasi pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan (PBAK) selama tiga hari mulai dari Senin-Rabu (26-28/8) yang dipusatkan di kampus setempat.

Mahasiswa-mahasiswi tersebut berasal dari sejumlah daerah berbeda yang ada di Aceh maupun nasional dan internasional.

Dalam amatan Antara, para mahasiswa baru itu berbaris dengan formasi koreografi berbentuk tulisan “UIN ACEH”.

Baca juga: 1.444 mahasiswa Unimal mengikuti KKN-PPM

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin mengatakan kegiatan ini merupakan pembekalan kepada mahasiswa untuk mengenali suasana perkuliahan di kampus tersebut.

“Salah satu tujuan dari PBAK ini adalah untuk bagaimana mahasiswa bisa memahami tentang norma-norma akademik dan sistem yang berlaku dalam kampus UIN Ar-Raniry,” jelasnya kepada Antara, Senin (26/8).

Ia juga menjelaskan, program PBAK itu sangat diperlukan karena memudahkan mahasiswa ketika mengembangkan pengetahuan akademiknya serta skill dan kemampuan saat menjalani perkuliahan ke depan.

Baca juga: Ratusan mahasiswa UTU KKN di Abdya

“Dari ini (PBAK) mereka bisa memperoleh informasi mengenai unit-unit kegiatan mahasiswa yang mereka bisa masuk ke depan, baik itu bakat dan minat ataupun lainnya untuk pengembangan kualitas dirinya selama berkuliah,” terangnya.

Selain itu, Prof Warul Walidin berharap agar para mahasiswa baru tersebut dapat berkuliah dengan serius guna memajukan negeri dan bisa mencerdaskan generasi ke depan.

"Krue Seumangat, selamat kepada mahasiswa baru yang telah memilih UIN Ar-Raniry. Belajarlah sungguh-sungguh dan hargai ilmu," pesannya.

Baca juga: 1.383 mahasiswa Unimal Aceh Utara KKN di desa terpencil

Sementara itu, Presiden mahasiswa UIN Ar-Raniry, Rizki Ardial juga memberikan orasi ilmiahnya dalam pengenalan budaya akademik kemahasiswaan.

PBAK UIN Ar-Raniry tahun ini mengusung tema  “Membentuk karakter dan integritas mahasiswa yang religius, intelek serta sadar akan fungsi tanggungjawab sebagai generasi bangsa dan negara”.

Terlihat sejumlah petinggi kampus serta akademisi turut hadir dalam kegiatan ini.

Selain itu, turut hadir juga Kolonel Infrantri Kosasih, Pamen ahli Kodam Iskandar Muda dan Kolonel Infantri Yunardi, Pamen ahli Pangdam Iskandar Muda serta AKBP Drs Arsyad, Wadir Binmas Polda Aceh.

Pewarta: Mabrur

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019