Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Daud Pakeh mengatakan lembaganya dan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan bersinergi dalam upaya membangun serta meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Kami dua lembaga antara Dinas Pendidikan dengan Kementerian Agama sama sama membangun, berpacu harus lebih baik tentunya bukan bersaing tapi bersanding dalam memberi yang terbaik untuk masyarakat," katanya di Banda Aceh, Selasa malam.

Pernyataan itu disampaikan Daud di sela sela pembukaan Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke IV Aceh di Taman Ratu Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Dia menjelaskan, Kemenag berkewajiban membangun, membina, dan membenah madrasah.

Tetapi dalam konteks Aceh, katanya, mereka tidak terpaku dengan itu dan tidak membangun pendidikan secara parsial. Tetapi bagaimana sinergisits Dinas Pendidikan Aceh dengan Kemenag itu sangat penting dilakukan, dan terjalin baik hingga sekarang.

Ia mencontohkan seorang anak belajar di madrasah, memang itu anak dari Kementerian Agama. Namun di sisi lain ada anak yang belajar di sekolah umum, ketika suatu saat mereka berhasil dan sukses maka tidak lagi berbicara anak dari madrasah atau sekolah umum, tapi anak dari daerah berjulukan Serambi Mekkah ini.

"Ini yang harus kita pikirkan. Makanya baik yang dilakukan dinas pendidikan di provinsi maupun di kabupaten/kota, akan dilakukan juga di kementerian agama provinsi dan kabupaten/kota, ini harus sinergi dalam rangka kita membangun generasi kita," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam peraturan yang berlaku memang Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan memiliki tugas masing masing, tetapi dalam kondisi ini seperti Pemerintah Aceh memiliki kebijakan sendiri dalam membangun pendidikan di Aceh.

"Kita punya qanun, punya landasan Undang-Undang nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, yang kita punya sangat luar biasa, disinilah kita membangun sinergitas, membangun pendidikan bersama sama," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019