Tim unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob kompi B Jeulikat mengevakuasi granat yang ditemukan di kebun milik warga Desa Ulee Geudong Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, hari Minggu (15/9) sekitar pukul 16.00 Wib.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kapolsek Sawang Ipda Zahabi kepada Antara menjelaskan penemuan granat tersebut berawal saat salah seorang warga bernama M.Yakop sedang membersihkan pekarangan kebun miliknya.

"Dia terkejut melihat benda mirip dengan granat  tersebut dan memberitahukan kepada warga, kemudian warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sawang,"katanya.

Kemudian, kata dia, setelah menerima laporan dari warga, Polsek Sawang langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan pengamanan bersama dengan anggota Koramil Sawang.

"Setelah kami terjun ke lapangan dan melakukan pengamanan kemudian kami melaporkan kepada pimpinan, selanjutnya berkoordinasi dengan tim Jibom Brimob Kompi B Jeulikat untuk mengevakuasi bom tersebut,"jelas Zahabi.

Dikatakannya, pihaknya dan tim Jibom yang dipimpin oleh Aiptu Asep S serta didampingi Danramil Sawang Kapten inf Solihin pada hari Senin sekira pukul 12.00 Wib datang ke tempat kejadian penemuan granat tersebut dan langsung menjinakkan granat tersebut karna dinilai mudah meledak.

"Pin granatnya sudah terpicu atau pengamannya sudah tidak ada lagi, sehingga dapat membahayakan warga sekitar,"terangnya.

Dikatakannya lagi, setelah membuka rangkaian granat tersebut tim jibom membawa granat tersebut ke kompi B Brimob jeulikat. 

"Setelah menjinakkan granat tersebut tim unit jibom tersebut juga melakukan seterilisasi disekitar lokasi,"sebut Kapolsek Sawang.

Pewarta: Dedi Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019