Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali meraih juara I tingkat provinsi bidang capaian PAUD dalam anugerah pendidikan pada Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-60 tahun 2019.

Piagam penghargaan katagori PAUD diserahkan langsung oleh Asisten  Bidang Pemerintahan Aceh M Jakfar yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya Mustafa di Komplek SMK 1 Banda Aceh, Selasa (8/10) malam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya Mustafa kepada Antara, Rabu (9/10) menyampaikan syukur Alahamdulillah pada tahun ini Aceh Jaya memperoleh juara satu bidang pendidikan PAUD.

Baca juga: Tingkatkan PAD, Pemkab Aceh Jaya lounching program SISBERMADU pertama di Aceh

Mustafa menyampaikan, tahun lalu Aceh Jaya memang pernah mendapatkan juara umum berturut-turut dan pihaknya berharap ke depan kerjasama semua pihak untuk dapat mendapatkan kembali juara tersebut.

"Kita memang pernah mendapatkan juara umum dua kali berturut-turut dan kita harapkan khususnya bidang pendidikan ke depan juara ini akan kita rebut kembali," ungkapnya.

Mustafa juga menuturkan, pemerintah daerah akan terus mensuport khsususnya bidang pendidikan agar terus maju di Kabupaten Aceh Jaya baik jenjang SD dan juga SMP.

Baca juga: Ratusan mahasiswa Aceh Jaya terima beasiswa

"Tahun 2019, memang kita sudah bekerja maksimal namun disumber otsus ada beberapa kegiatan tidak bisa kita laksanakan, namun pada tahun 2020 akan kita konsentrasi lebih intim lagi untuk meningkatkan pendidikan Aceh Jaya," ungkapnya.
 
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya yang bacakan Asisten Bidang Pemerintahan, M Jakfar mengatakan, hari pendidikan daerah setiap tahunnya diperingati oleh Pemerintah Aceh sebagai ajang evaluasi terhadap pendidikan.
 
"Selain ajang evaluasi juga kita memberikan penghargaan kepada kabupaten/Kota yang memiliki prestasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan, dalam tahun ini ada peningkatan dalam pendidikan Aceh. Hal itu merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Aceh terhadap pendidikan.

"Sebagai bukti keseriusan Pemerintah Aceh terhadap program Aceh Carong, kita telah mengucurkan 20 persen APBA untuk pendidikan," jelasnya.
 
Adapun kabupaten/Kota yang meraih prestasi pada malam penutupan peringatan Hardikda Provinsi Aceh adalah:

1. Pencapaian PAUD vokal: Kabupaten Aceh Jaya

2. Pencapaian target pendidikan dasar: Kabupaten Aceh Tengah

3. Pencapaian target pendidikan non formal: Kabupaten Pidie Jaya

4. Pencapaian pembinaan pendidikan Dayah: Kabupaten Aceh Besar

5. Koordinasi penggunaan penyelenggaraan pendidikan sesuai UU No. 23 Tahun 2018:    Kabupaten Aceh Tengah

6. Kebijakan pendidikan: Kabupaten Pidie

7. Komitmen untuk peningkatan mutu pendidikan: Kota Sabang

9. Sumber daya guru: Aceh Tamiang

10. Konsistensi regulasi tentang pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah:     Kabupaten Pidie

11. Pencapaian percepatan program literasi: Kabupaten Aceh Besar.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019