Sejumlah pemuda di Kota Banda Aceh mendirikan sebuah koperasi yang diberi nama Jong Atjeh Swadaya (JAS) yang bergerak di bidang jasa dalam upaya ikut serta berkontribusi dalam sektor perekonomian.

"Keterbatasan modal untuk ditanggung sendiri kemudian membuat kami bersepakat untuk mengambil bentuk koperasi yang kami yakini kompetitif dan mampu menjawab tantangan pasar," kata pengelola Koperasi JAS, Fajarul Iman di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda pihaknya telah mendirikan sebuah koperasi anak muda bersamaan dengan peresmian unit usaha King Laundry oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Aceh di Desa Rukoh, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan dengan iklim ekonomi yang tumbuh dan berkembang serta perkembangan teknologi dewasa ini, ketertlibatan anak-anak muda sangat penting termasuk melalui gerakan koperasi.

Menurut dia bukan hal yang mudah untuk meyakinkan kawan-kawan yang muda-muda untuk ikut terlibat dalam usaha yang diwadahi koperasi khususnya, semua itu perlu edukasi yang lebih intens.

"Kami yakin, persepsi dan narasi positif tentang koperasi harus disampaikan secara luas. Kami juga siap bermitra dengan siapa pun untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi anak-anak muda," katanya.

Ia menambahkan melalui peringatan Sumpah Pemuda di tahun 2019, anak-anak muda di Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya mau mengambil peran dan siap untuk menterjemahkan realitas sosial melalui pendekatan ekonomi.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019