Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin turut serta memeriahkan gelaran road bike Tour De Gayo di Kabupaten Aceh Tengah, Minggu.

Orang nomor dua di jajaran Kodam Iskandar Muda itu ikut mengayuh sepeda menempuh jarak sejauh 110 kilometer bersama 300 peserta lainnya yang dilepas dari Pendopo Bupati Bireuen dan finish di Pendopo Bupati Aceh Tengah.

Brigjen Achmad Daniel Chardin mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut dan dia berharap dapat dijadikan sebagai agenda tahunan.

"Kegiatan seperti ini sangat baik bahkan harus diagendakan sebagai kegiatan tahunan. Peserta selama perjalanan dapat melihat berbagai objek wisata dan nantinya dapat memperkenalkan objek wisata tersebut ke tingkat nasional bahkan internasional," tutur Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin.

Menurutnya Dataran Tinggi Gayo merupakan wilayah yang sangat diminati oleh wisatawan luar, karena di samping memiliki kopi yang kualitasnya sudah tersohor di dunia, juga memiliki keindahan alam yang mempesona.

"Saat ini Dataran Tinggi Gayo merupakan salah satu daerah yang sangat diminati masyarakat luar, di samping Sabang," ujarnya.

Selain Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin even Tour De Gayo tersebut juga diikuti oleh Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto, Dandim 0111/Bireuen, Danden Intel Kodam IM, serta ratusan personel TNI-Polri, dan juga para peserta dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan berlangsung selama dua hari 9-10 November 2019 di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Panitia Hamdan Saleh menyampaikan para peserta Tour De Gayo tersebut datang dari berbagai daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Jakarta, dan juga diikuti oleh peserta dari luar negeri yakni Malaysia dan Thailand.

"Di Takengon seluruh peserta melakukan road bike keliling Danau Lut Tawar, kegiatan sepeda gunung, lari maraton, serta sejumlah agenda lain bersamaan dengan kegiatan wisata," kata Hamdan Saleh.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar juga menyampaikan sangat mendukung kegiatan tersebut karena dapat mempromosikan potensi wisata di daerah itu kepada dunia luar.

"Termasuk kopi dan kerajinan khas adat Gayo. Apalagi seperti yang disampaikan Pak Kasdam IM nantinya kegiatan Tour De Gayo ini menjadi kegiatan tahunan, ini sangat luar bisa. Saya turut berterimakasih khususnya kepada Pak Kasdam IM juga ikut mensukseskan kegiatan ini," tutur Shabela Abubakar.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019