Bupati Aceh Barat, H Ramli MS berharap kepada seluruh kepala desa di daerah ini agar mengutamakan peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia di desa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang akhirnya dapat mencegah anak kerdil (stunting).

"Selain pemberdayaan ekonomi masyarakat, dana desa juga harus mampu meningkatkan kesehatan dan taraf hidup yang lebih baik, khususnya kesehatan balita, anak dan kaum ibu," kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Minggu.

Baca juga: Cegah stunting, Pemkab Aceh Barat deklarasi Rumah Gizi Desa

Menurutnya, saat ini angka anak kerdil di Aceh lumayan tinggi sehingga mengharuskan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bergerak cepat untuk menurunkan tingginya angka tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat yaitu dengan cara membentuk program rumah gizi desa (rumoh gizi gampong) agar ke depan tidak ada lagi anak kerdil di seluruh desa.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat sosialisasi Pancasila dan UUD 1945 melalui kampung muslimin

Ia berharap kepada aparat desa agar dapat mendukung program tersebut sehingga ke depan generasi penerus di daerah itu lebih sehat, cerdas dan memiliki kesehatan dan tinggi badan yang sesuai dengan standar kesehatan.

Selain itu, berbagai program dan kegiatan di Puskesmas di Aceh Barat, dapat mendukung untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat baik itu balita, ibu hamil, lansia dan masyarakat umum.

Pemkab Aceh Barat juga terus berupaya meningkat derajat kesehatan masyarakat yaitu dengan membentuk Kampung Muslimin, yang bertujuan menerapkan Islam secara kaffah sehingga semua sendi kehidupan masyarakat dapat menjadi lebih baik termasuk derajat kesehatan masyarakat, terangnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019