PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero menambah rute penyeberangan Banda Aceh tujuan Sabang menjadi lima trip, lantaran adanya lonjakan  di Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh.

"KMP BRR hari ini akan menambah trip pada pukul 18.30 WIB khusus dari Pelabuhan Ulee Lheue," kata Kasubbag TU Pelabuhan Ulee Lheue Said Syahrul di Banda Aceh, Selasa.

Dia menjelaskan penambahan trip pelayaran tersebut khusus Banda Aceh-Sabang, dan tidak berlaku untuk sebaliknya. Hal itu dilakukan karena adanya antrean penumpang beserta kendaraan yang tidak memiliki kesempatan berangkat jika hanya empat trip.

"Penambahan trip khusus kapal roro (KMP BRR) saja, kalau kapal cepat (Express Bahari) masih empat trip," katanya.

Sebelumnya, Said menyebutkan pihak ASDP telah menambah trip penyeberangan Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya menjadi empat trip, atau penambahan satu trip dari hari biasanya yang hanya tiga trip, baik kapal cepat maupun kapal lambat.

Penambahan itu dilakukan sejak 21 Desember 2019, lantaran terjadi lonjakan penumpang yang ingin berlibur akhir tahun di Pulai Weh Sabang.

Said memastikan penambahan trip tersebut karena meningkatnya calon penumpang ke Sabang, dan diprediksikan penambahan itu akan bertahan hingga tujuh hari setelah momentum pergantian tahun.

"Penambahan trip penyeberangan ini kita prediksikan hingga sampai tanggal 5 Januari 2020, saat arus balik," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019