Sebanyak 575 anggota Pramuka Penggalang tingkat SMP dan MTs se-Kabupaten Aceh Timur mengikuti lomba jelajah Kota Tahun 2020.

"Perlombaan jelajah ini diikuti 35 regu putra dan 35 regu putri. Tiap regu terdiri dari 8 anggota,” kata Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur Muslim di Idi, Selasa (28/1).

Baca juga: Ratusan peserta ikut kompetisi pesta siaga di Aceh Timur

Menurutnya, tujuan lomba jelajah tingkat penggalang tersebut dilakukan dalam rangka pembinaan anggota muda Pramuka.

Peserta lomba keliling kota berjalan kaki dengan atribut lengkap Pramuka. Serangkaian lomba lainnya juga digelar pihak panitia, seperti lomba sandi dan keterampilan lainnya.

Baca juga: Puluhan Pramuka bersihkan Pelabuhan Ulee Lheue

“Seluruh rangkaian lomba ini adalah untuk menguji ketrampilan mereka sebagai anggota muda sekaligus pengenalan terhadap wilayah kota dan pusat perkantoran Pemkab Aceh Timur,” ujar Muslim.

Ia menambahkan, akhir dari kegiatan tersebut nantinya menimbulkan rasa kecintaan peserta dan rasa ikut menjaga lingkungannya.

Wakil Ketua Panitia Poutra menambahkan setiap anggota muda diajarkan keterampilan dan ketangkasan, sehingga mereka mampu mandiri dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitarnya.

“Bukan hanya pintar secara akademik, tapi memiliki keterampilan dan menjadi motivasi siswa lain di saat kembali ke sekolah asal nantinya,” sebut Poutra.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020