Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pendidikan setempat melakukan seleksi sebanyak 972 siswa-siswi tingkat SD dan SMP untuk mendapatkan beasiswa berprestasi.

Peserta yang ikut seleksi tersebut merupakan juara kelas mulai peringkat 1, 2 dan 3 yang dilakukan tes secara serentak di kecamatan masing-masing dalam Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (15/2).

"Jumlah keseluruhan peserta yang ikut seleksi ada 972 siswa-siswi yang terdiri dari 708 SD dan 264 siswa SMP," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Abdul Jabar di Calang.

Abdul Jabar menambahkan peserta yang ikut seleksi beasiswa berprestasi ini merupakan siswa yang mendapat juara di kelas masing-masing SD dan SMP dalam Kabupaten Aceh Jaya.

"Hasil seleksi nanti akan kita ambil juara I, II, dan III untuk setiap kelas  dari masing-masing jenjang dalam setiap kecamatan dengan jumlah yang kita ambil 243 siswa," kata Abdul Jabar.

Abdul Jabar menyampaikan bagi siswa yang belum mendapat juara mereka tetap akan mendapatkan beasiswa dari program beasiswa Aceh Jaya Cerdas yang segera akan disalurkan.

Adapun besaran beasiswa berprestasi tingkat SD dan SMP tahun 2020 untuk jenjang SMP juara I Rp2 juta, juara II Rp1,9 juta, dan juara III Rp1,8 juta. Jenjang SD, juara I Rp1,9 juta, juara II Rp1,8 juta, dan juara III Rp1,7 juta.

Ia berharap dengan adanya beasiswa ini siswa mendapatkan motivasi belajar dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depan.

"Ini juga program serta visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya dalam rangka memberikan penghargaan dan motivasi terhadap siswa berprestasi," kata Abdul Jabar.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020