Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menunda kegiatan Sabang Marine Festival (SMF) 2020, dalam upaya mencegah penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) yang telah mewabah di berbagai negara.

"Event SMF 2020 ditunda hingga selesai West Sumatra Rally, diperkirakan pada September, dan akan diumumkan kemudian," kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS Agus Salim di Sabang, Jumat.

Dia menyebutkan penundaan tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan, sejalan dengan menindaklanjuti surat walikota Sabang pada (12/2) lalu tentang permintaan penundaan kunjungan kapal pesiar (cruise) ke Sabang terhadap epidemi Covid-19.

Baca juga: Sabang siapkan tiga ruang isolasi bagi suspect Covid-19

Ia mengatakan sebelum memutuskan penundaan, BPKS sebagai pelaksana SMF 2020 juga telah melakukan rapat dengan Forkopimda Sabang, instansi teknis Customs, Immigration, Quarantine and Port master (CIQP), pelaku industri pariwisata, asosiasi pariwisata, serta pihak terkait lainnya.

"Hasilnya setelah menyerap semua masukan dari peserta rapat bahwa virus corona sudah masuk ke Indonesia, SOP CIQP yang lebih ketat untuk lebih kurang 130 peserta dengan jadwal SMF hanya lima hari, yang diperkirakan para peserta tidak nyaman dan belum tentu dapat mengikuti kegiatan SMF," katanya.

Baca juga: Polisi sidak sejumlah apotek di Aceh Timur

Kemudian, kata dia, pertimbangan penundaan juga karena di wilayah Sabang belum memiliki peralatan dan tempat isolasi bagi pasien suspect Covid-19, sehingga apabila terdapat seseorang yang suspect maka juga tidak dapat dibawa dengan kapal penumpang, harus dengan kapal khusus.

"Ini (kapal khusus) belum ada. Rumah sakit umum Sabang juga belum tersedia ruang perawatannya. Sehingga seluruh peserta rapat menginginkan untuk ditunda sementara waktu dan akan dijadwalkan kembali, perkiraan pada September 2020," katanya.

Baca juga: Kadinkes Aceh: Orang sehat tak perlu pakai masker

Kegiatan SMF 2020 direncanakan berlangsung 15-19 Maret, dengan tujuan untuk mempromosikan budaya, wisata bahari dan desa wisata Sabang, termasuk Yacht parade. 

Disamping itu, panitia juga telah menginformasikan penundaan tersebut kepada peserta yang berasal dari Malaysia, Inggris, Australia, Belanda, Amerika Serikat, Prancis, dan sejumlah negara lainnya.

"Kemarin sudah berkomunikasi dengan komunitas Yacht di Langkawi. Dan surat resmi BPNS akan disampikan ke kementerian hari ini," katanya.

Disamping itu, BPKS juga meminta kepada pemerintah pusat untuk dapat memberi bantuan peralatan, perawatan yang menyangkut dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, baik dari pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Balohan maupun Teluk Sabang.

"Karena Sabang sebagai kawasan destinasi internasional yang perlu standarisasi kesehatan," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020