Sebanyak 92 pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) ambil bagian dalam Lomba Debat Bahasa Inggris jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh.

“Debat Bahasa Inggris untuk siswa SMK tingkat Provinsi Aceh ini memiliki posisi yang sangat strategis sebagai ajang penajaman kemampuan siswa dalam mengekspresikan perasaan, informasi, dan pemikiran dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh T Nara Setia di Banda Aceh, Jumat (6/3).

Ia menjelaskan National Schools Debating Championship (NSDC) itu merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Ia mengatakan dalam ajang debat tersebut tidak hanya mengajarkan tentang perbedaan, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi dan menghargai pendapat orang lain serta mampu menyampaikan pendapat secara cakap dan santun kepada orang lain.

Menurut dia, penguasaan keterampilan berbahasa sangat penting dalam menunjang penguasaan kompetensi kejuruan, karena penguasaan keterampilan bahasa yang baik akan memberikan dampak positif yang besar bagi siswa sehingga akan bermanfaat dalam kehidupannya.

Peserta debat merupakan para siswa dan didampingi guru pendamping SMK dari kabupaten/kota se-Aceh dengan jumlah keseluruhan 92 orang.

Peserta akan diseleksi oleh dewan juri secara objektif dan profesional. Dewan juri berasal dari kalangan akademisi, guru, dan debater nasional,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020