Peristiwa yang terjadi di seluas satu hektare rumpun bambu terdiri mulai dari ranting, dan daun yang kering dari sisa-sisa rumpun habis dipotong menjalar ke tanah dalam kondisi hangus terbakar di Gampong (Desa) Meunasah Blang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (12/3).

"Kebakaran rumpun bambu ini, lokasinya dekat dengan pemukiman warga. Sehingga membuat warga panik," terang Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi di Banda Aceh, Jumat.

Informasi yang didapat Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, lanjut dia, langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) beserta personel untuk mengupayakan tindakan pemadaman.

Kedua unit damkar tersebut berasal dari pos terdekat, yakni Pos Landing dan Pos Alue Bili langsung menuju ke lokasi kejadian serta dibantu warga setempat untuk melakukan pemadaman api.

"Tak berapa lama di lokasi kejadian, api sudah berhasil dipadamkan. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Cuma dampak material saja, yakni rumpun bambu," jelasnya.

Ia mengaku, pihak kepolisian setempat kini sedang melakukan penyelidikan tentang asal-muasal satu hektare lahan rumpun terbakar merupakan pemilik atas nama seorang warga setempat, yakni Andariah (50).

"Penyebab kebakaran, masih dalam penyelidikan polsek setempat," tegas Sunawardi.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020