Sejumlah prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Koramil 08/Kuala Kodim 0116 Nagan Raya, Provinsi Aceh, bersama personel Polri Polsek Kuala, Nagan Raya melakukan kampanye jarak sosial (social distancing) kepada masyarakat yang dipusatkan di pasar tradisonal Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Ahad (22/3).

Kampanye yang dilakukan tersebut menggunakan pengeras suara agar masyarakat mengetahui tata cara pencegahan virus corona (COVID-19).

“Kampanye ini adalah bentuk kepedulian TNI dan Polri dalam mencegah penyebaran virus corona yang saat ini menjadi pandemi di seluruh dunia,” kata Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) Kuala, Nagan Raya, Aceh, Kapten Inf Mahfud didampingi Kapolsek Kuala, Ipda Faisal.

Menurutnya, kampanye jarak sosial yang dilakukan dengan melibatkan petugas Puskesmas tersebut dengan harapan masyarakat di Nagan Raya, Aceh, menyadari bahaya penyebaran virus corona yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya.

Sementara itu, Kapolsek Kuala, Nagan Raya, Ipda Faisal mengatakan dalam kampanye tersebut pihaknya juga membacakan seruan bersama yang ditandatangani Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Aceh, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik menyikapi wabah tersebut.

Pihaknya meminta masyarakat agar menghindari kerumunan massal, dan tidak melakukan kontak langsung dengan lawan bicara, serta menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

“Sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau desinfektan,” kata Ipda Faisal menambahkan.

TNI dan Polri juga melarang masyarakat agar tidak menyebarkan berita hoaks (berita palsu) yang belum tentu kebenarannya.

Masyarakat muslim di daerah ini juga diimbau agar selalu menjaga wudhu, perbanyak zikir dan membaca Qunut Nazilah dalam setiap shalat lima waktu.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020