Tiga warga Aceh terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dinyatakan telah sembuh dan mereka direncanakan akan dipulangkan pada hari ini.

"Iya sembuh, rencana dipulangkan hari ini," kata Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin di Kota Banda Aceh, Minggu.

Baca juga: Pasien COVID-19 berbagi cerita kesembuhannya

Ia menyebutkan tiga positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah pihak RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh menerima hasil sampel lendir (swab) terbaru mereka dari Balitbangkes Kemenkes RI yang menyebutkan mereka telah negatif virus tersebut.

Kata dia, tiga warga itu dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sekitar dua pekan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pascaditetapkan positif COVID-19.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Kota Tangerang bertambah

"Sembuh, dalam artian kembali seperti orang biasa, dua minggu lebih dirawat," katanya, menjelaskan.

dr Azharuddin tidak membeberkan indentitas ketiga pasien tersebut. Namun, kata dia, dengan sembuhnya tiga orang tersebut maka tersisa satu orang lagi pasien positif COVID-19 di Aceh.

Baca juga: 645 pasien virus corona di Malaysia sembuh

Menurut dia, pasien yang tersisa itu tidak hanya positif COVID-19, tetapi juga memiliki riwayat penyakit lain yang mengharuskan pasien untuk tetap dirawat di rumah sakit.

 "Satu lagi ada penyakit lain sebenarnya, bukan (hanya) coronanya tapi karena masih positif, kita tunggu sekali lagi pemeriksaan swab lagi," katanya.

Sebelumnya data terakhir tercatat sebanyak lima orang dinyatakan positifi COVID-19. Empat diantaranya dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dan seorang lagi meninggal saat dalam status PDP sebelum dikonfirmasi positif COVID-19.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020