Komunitas Generasi Gemilang Anti Narkoba (Gergana) melakukan aksi kampanye mencegah wabah virus corona baru (COVID-19) dengan membagikan ratusan masker gratis ke warga setempat yang dipusatkan di Jalan Tgk Abu Lam U, Baiturrahman, Banda Aceh, Ahad (5/4).

"Untuk masker kain ini, kita memanfaatkan pelaku usaha UMKM yang ada di Banda Aceh. Masker yang kita pesan ini, sudah sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh pemerintah kota," ujar Ketua Gergana Banda Aceh, Muhammad Zidan Aminullah dalam rilisnya.

Baca juga: Presiden: Seluruh warga wajib pakai masker saat di luar rumah

Ia mengatakan pihaknya berencana akan melakukan pembagian ratusan masker lagi dalam jumlah lebih besar, usai mendapatkan stok dengan kuota lebih banyak.

Dalam aksi pembagian masker kemarin, lanjut dia, anak-anak dari komunitas anti narkoba ini membagikan dua jenis masker, yaitu masker medis dan kain.

Baca juga: Pelaku UMKM Banda Aceh diminta produksi masker

Kegiatan tersebut terlaksana di dasari atas bentuk kepedulian, dan solidaritas sesama terhadap masyarakat di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

"Menghadapi pandemi virus corona ini, kita tahu bahwa semua masih serba kekurangan. Keterbatasan APD (alat pelindung diri) bagi masyarakat, seperti masker ini kan sulit dijangkau, dan stok terbatas. Jadi kami dari Gergana berinisiatif untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan," ungkap dia.

Baca juga: Ibu rumah tangga produksi masker di Banda Aceh

Pihaknya berharap dengan gerakan tersebut dapat memotivasi pihak-pihak lainnya agar menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan.

"Banyak imbas yang kita rasakan atas pandemi yang sedang berlangsung ini. Masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan dari kita yang mampu memberi," kata Ketua Gergana Zidan.

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020