Isteri Wali Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) atas upaya mencegah penyebaran Virus Corona Disease 2019 (COVID-19) bagi petugas medis di Puskesmas Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (15/4).

Adapun APD yang diserahkan terdiri dari baju hazmat, masker, dan sarung sepatu. Selain itu, ia juga menyerahkan sumbangan pribadi berupa masker kain produksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Nurmiaty AR yang juga Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh menggelar aksi sosial dalam rangka memberi perhatian serius terhadap wabah yang telah menjadi pandemi global tersebut.

Kedatangan istri wali kota Banda Aceh ke salah satu puskesmas didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Media Yulizar yang yang disambut oleh Kepala Puskesmas drg Lia Silvianty Naaty, dan paramedis.

Turut serta dalam rombongan Nurmiaty sejumlah anggota Gerakan Bantu Tenaga Medis Aceh (GBTMA) -organisasi yang menggalang APD dari donasi masyarakat dan LSM-, termasuk dari Aceh Charity.

Nurmiaty dalam sambutan singkat mengajak masyarakat untuk mendukung tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menyelamatkan nyawa manusia di tengah pandemi virus corona

"Tenaga medis menjalankan tugas mulia. Mereka bertaruh nyawa di garda terdepan. Marilah kita beri dukungan untuk tugas mulia paramedis kita," ujarnya seraya berharap bantuan APD tersebut dapat memperlancar tugas paramedis.

Tidak lupa, ia juga mengimbau, agar seluruh masyarakat setempat tetap waspada, dan selalu mematuhi imbauan pemerintah terkait upaya pencegahan COVID-19.

"Patuhi physical distancing (jaga jarak), memakai masker kalau harus ke luar rumah, selalu mencuci tangan hingga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan imun tubuh," tuturnya.

Menurut Nurmiaty, dengan menjalankan imbauan tersebut, secara tidak langsung masyarakat telah memberikan dukungan terhadap tenaga medis. 

"Bersama kita pasti bisa melewati pandemi ini," ujarnya.

Perwakilan GBTMA, dr Nurnikmah, menyebut, hingga kini pihaknya telah menyumbangkan APD ke-23 Puskesmas di Banda Aceh dan sekitarnya.

"Sumbernya dari sumbangan masyarakat. Bukan hanya dikumpulkan dalam bentuk barang, tetapi juga dalam bentuk uang yang kemudian dibelanjakan kebutuhan APD," katanya.

 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020