Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) melalui ‘dunia maya’ yakni dengan mengunakan sistem video coference karena ditengah pandemi global COVID-19 melanda Indonesia.

Ini pesan bupati Akmal pada musrenbang lewat "video coference"

Bupati Abdya Akmal Ibrahim meminta kepada seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) tidak boros dalam menganggarkan keuangan daerah ditengah-tengah pandemi COVID-19.

"Implikasi pandemi corona yang melanda Tanah Air bisa jadi pertumbuhan ekonomi nasional ke depan akan melambat dan berpengaruh pada pendapatan daerah khususnya dana transfer dari pemerintah pusat," katanya di Blangpidie, Senin.

Hal tersebut juga disampaikan bupati saat musrenbang melalui "video conference" yang diikuti sejumlah pejabat  forkopimda kabupaten Abdya pada Senin (20/4).

Oleh karena itu, Bupati Akmal menginginkan agar anggaran 2021 harus harus diperioritaskan oleh SKPK untuk mendorong pemulihan ekonomi rakyat, baik untuk sektor pertanian, industri kecil dan UKM dan infrastruktur jalan menuju kebun masyarakat.

“Saya berkeinginan agar infrastruktur jalan menunuju kebun rakyat yang sebelumnya telah dibuka oleh pemerintah daerah aga dilakukan peningkatan tahun depan, supaya akses itu bisa digunakan oleh petani dalam mengangkut hasil perkebunan mereka,” ujar Akmal

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Abdya Firmansyah, menjelaskan , pelaksanaan musrembang  melalui sistim video coference itu sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang kini tengah mewabah di Tanah Air.

Menurut Firman, pelaksanaan Musrembang tingkat Kabupaten yang digelar  Bappeda Abdya melalui ‘dunia maya’ dengan melibatkan seluruh SKPK  berlangsung selama lima hari  terhitung dari Senin (20/4).

“Acara Musrembang Kabupaten ini sudah kami mulai sejak kemarin setelah dibuka secara resmi oleh bupati Abdya Akmal Ibrahim melalui video coference dari pendopo di Desa Geulumpang Payong, Blangpidie,” ujarnya

Selain dihadiri wabup Muslizar, acara musrembang melalui video conference di pendopo bupati Abdya juga ikut disaksikan ketua DPRK Abdya, Nurdianto, Dandim 0110 Abdya Letkol Czi M Ridha Has, Kapolres , Kajari dan MPU Abdya.  

Acara musrembang Abdya melalui video conference itu juga diikuti oleh pemangku kepentingan lain, seperti anggota dewan, LSM, Ormas dan intansi vertikal lain melalui jaringan internet dari berbagai titik lokasi di Abdya.  
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020