Masyarakat yang pulang kampung ke arah pantai barat selatan Aceh diminta untuk berhati-hati saat mengendara, mengingat kondisi hujan deras yang melanda sejumlah titik di wilayah setempat.

Seorang warga Uri, 26 tahun, mengatakan memang dalam beberapa hari terakhir kita mendapat informasi di media bahwa kondisi sejumlah wilayah Aceh diguyur hujan deras. 

"Hari ini juga hujan, kita minta berhati-hati lah untuk masyarakat yang pulang kampung ke Aceh barat selatan," katanya di Aceh Jaya, Jumat.

Sejumlah titik terpantau telah hujan seperti di wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Untuk warga yang melintasi gunung Geurutee diharapkan untuk berhati-hati, mengingat hujan deras yang berpotensi terjadi longsor.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Aceh Besar. Dua kawasan pegunungan yang ketap dilintasi pengendara juga telihat diselimuti mendung tebal, yakni di gunung Paro dan Kulu. 

Dua pegunungan tersebut juga sangat rawan longsor. Biasanya material tanah dan bebatuan memenuhi badan jalan. Hal demikian juga telah terjadi di beberapa titik sepanjang Mei 2020.

"Jalan di pegunungan juga tadi saya lewat
berkabut," kata warga yang bertujuan pulang ke Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020