Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI, Hassanudin menyatakan pihaknya siap mendukung dan mendampingi para petani yang ada di seluruh Aceh khususnya guna mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

“Sesuai arahan bapak Presiden, Panglima TNI dan Kasad kita siap memberikan pendampingan para petani sesuai tingkatan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya,” katanya di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela tanam perdana musim gadu 2020 yang berlangsung di komplek Lanud Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar.

Ia memberikan apresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bekerja sama dengan jajarannya Kodim 0101/BS yakni membajak sawah secara gratis seluas 5.500 hektare dan pemberian bibit padi.

“Ini sangat luar biasa, selain memikirkan kebutuhan untuk daerahnya, Aceh Besar juga berupaya memenuhi kebutuhan pangan untuk daerah lainnya,” katanya.

Menurut dia metode yang dilakukan oleh Aceh Besar tersebut akan ditindakalnjuti secara provinsi dan juga sudah dicanangkan secara nasional.

“Saat ini kita bukan lagi berbicara ketahanan pangan, tapi menuju kedaulatan pangan,” katanya.

Ia menambahkan COVID-19 telah berdampak pada semua sektor termasuk pangan dan berbagai upaya antisipasi terus dilakukan oleh Pemerintah Aceh khususnya dan Pemerintah Pusat baik untuk bantuan sosial dan bantuan langsung tunai serta program lainnya.

“Yang paling penting saat ini adalah masyarakat tetap bertahan dan tidak terdampak lebih dalam karena COVID-19,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan mendukung penuh terhadap program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebutuhan masyarakat di daerah setempat.

“Kita akan mendukung penuh dan memberikan pendampingan secara maksimal sehingga program ini tepat sasaran, tepat waktu dan berjalan dengan baik serta berlangsung sukses,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten II Setda Aceh, T Ahmad Dadek, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, unsur Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh, Aceh B

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020