Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA), Herman mendorong Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, agar memberi peluang investasi pembangunan pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) baru di Aceh Barat.

Hal ini diharapkan nantinya dapat menghindari praktik monopoli harga jual beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di daerah ini, sehingga tidak merugikan petani.

“Selama ini hanya ada satu perusahaan saja yang menampung TBS kelapa sawit milik petani di Kabupaten Aceh Barat, sehingga petani masih kesulitan menjual hasil panennya,” kata Herman di Meulaboh, Rabu.

Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah provinsi agar memberi peluang kepada investor agar membangun pabrik minyak kelapan sawit di Kabupaten Aceh Barat.

Sehingga diharapkan seluruh hasil panen petani di daerah ini dapat terjual sesuai dengan harga pasar yang berlaku.

Selain itu, dengan bertambahnya PMKS di Kabupaten Aceh Barat, juga diharapkan tidak adanya permainan harga di tingkat perusahaan, sekaligus menghindari monopoli harga.

“Kalau ada beberapa PMKS di Aceh Barat, kami juga yakin akan ada persaingan harga beli TBS kelapa sawit yang sehat,” kata Herman menambahkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020